Balita juga perlu ngemil

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 27 Dec 2017

Sahabat nutrisi,

Dalam sehari biasanya kita makan sebanyak tiga kali untuk memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi. Untuk orang dewasa, sarapan, makan siang dan makan malam sudah cukup dan tidak perlu ada tambahan makanan di antara jam makan.

Akan tetapi, anak-anak, terutama balita ternyata tetap perlu makanan tambahan dalam porsi kecil di antara jam makan, atau yang disebut ngemil. Hal ini berguna untuk menambah asupan gizi mereka. Oleh karena itu orang tua harus memperhatikan cemilan yang diberikan.

Berikut beberapa manfaat ngemil untuk balita:

  • Perut anak hanya dapat menampung sedikit makanan, atau sekitar sebesar kepalan tangannya. Makanan tambahan dalam porsi kecil dan sering dapat membantu memenuhi kebutuhan gizinya.

  • Dengan memberikan cemilan maka mereka dapat juga belajar aneka jenis makanan dan cita rasanyanya. Hal ini dapat membantu mengatasi anak yang susah makan.

  • Dengan memilihkan cemilan yang sehat makan anak akan mendapatkan asupan gizi tambahan yang penting untuk pertumbuhannya.

Meski begitu, pemberian cemilan untuk balita tetap harus memperhatikan waktunya. Hal ini bertujuan agar si kecil tidak merasa kenyang saat tiba waktu makan. Berikan cemilan sebanyak tiga kali dalam sehari dengan mengatur waktu pemberian, misalnya pukul 9 pagi, 3 sore dan 8 maka.

Dapat juga dengan menyesuaikan dengan kebiasaan anak, misalnya jika mereka bangun terlalu pagi, berikan dua kali cemilan sebelum jam makan siang. Selain itu, sebaiknya orang tua tidak melewatkan waktu ngemil karena berharap si kecil merasa lapar saat waktu makan tiba. Mereka akan kehilangan selera makan jika merasa sangat kelaparan.