Memilih tempat tidur untuk bayi

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 05 Feb 2018

Sahabat nutrisi,

Sebagian besar waktu bayi, terutama yang baru lahir, dihabiskan dengan tidur. Setidaknya 20 jam setiap harinya. Oleh karena itu, tempat tidur yang aman dan nyaman merupakan kebutuhan penting.

Seperti apa tempat tidur yang sesuai dan baik untuk bayi?

Di pasaran banyak dijual berbagai perabotan untuk kamar bayi. Akan tetapi, untuk tempat tidur atau boks bayi, sebaiknya utamakan produk yang aman, daripada desain yang lucu atau harga yang mahal.

Berikut beberapa kiat untuk memilih tempat tidur bayi yang aman, menurut situs Alodokter:

  • Perhatikan jarak antar bilah pada pagar tempat tidur. Pilihlah bilah yang berjarak kurang dari 6 sentimeter agar kepala bayi tidak masuk ke antara bilah

  • Hindari memilih tempat tidur atau boks bayi yang pagarnya dapat dinaikturunkan. Hal ini untuk mencegah terjadi kesalahan saat merakit, yang menyebabkan pagar bisa turun sendiri saat bayi sedang berpegangan.

  • Perhatikan sekrup, baut dan bahan-bahan lainnya. Pastikan terpasang dengan kencang, dan tempat tidur dapat berdiri kokoh

  • Usahakan untuk membeli atau membuat tempat tidur yang baru agar lebih terjamin keamanan dan kenyamanannya

Selain tempat tidur, orang tua juga harus memperhatikan kasur atau matras yang digunakan untuk bayi. Pilihlah matras yang khusus didesain untuk bayi yang dapat mencegah SIDS atau sindrom kematian mendadak bayi. Biasanya matras semacam ini kokoh dan agak keras, baik juga untuk menopang tulang punggung bayi.

Pilihlah matras yang sesuai dengan ukuran boks bayi. Pastikan tidak ada celah antara matras dengan boks, dan lepaskan plastik pembukus matrasnya. Hindari menaruh terlalu banyak benda terutama barang-barang lembut, seperti boneka dan selimut di dalam boks, untuk mencegah muka bayi tertutup, dan menyebabkan kematian mendadak pada bayi.