Nutrisi untuk daya tahan tubuh balita

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 27 Apr 2018

Sahabat nutrisi,

Balita perlu nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang dan daya tahan tubuhnya. Dari waktu ke waktu perkembangan dan daya tahan tubuhnya akan semakin membaik dan menguat. Beberapa penyakit yang biasa terjadi pada balita, seperti flu atau diare, akan membantu memperkuat sistem daya tahan tubuhnya.

Ibu bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh balita dengan memberikan nutrisi terbaik. Makanan yang dia konsumsi sehari-hari seharusnya dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem daya tahan tubuhnya, dan membuatnya memiliki perlawanan alami agar mampu melawan penyakit.

Berikan asupan harian yang bervariasi dan bernutrisi lengkap dan seimbang. Si kecil membutuhkan asupan nutrisi sebagai berikut:

  • Lemak, merupakan sumber energi tubuh. Otak yang sedang tumbuh pun memerlukan lemak.

  • Karbohidrat sangat dibutuhkan sebagai salah satu sumber energi. Pilihlah karbohidrat yang berasal dari zat gula yang baik. Sumber gula yang baik adalah ASI, buah-buahan, produk olahan susu, pasta, kentang dan sebagainya.

  • Protein merupakan nutrisi untuk tumbuh, berperan pada pertumbuhan serta memperbaiki dan mengganti jaringan. Pada awal kehidupannya, kebutuhan protein dipenuhi oleh ASI. Berbagai sumber protein di antaranya adalah daging, ikan, telur, tahu, tempe, daging ayam, mentega dan sebagainya.

  • Serat untuk membantu metabolisme dan pembuangan sisa makanan dari usus. Serat dapat diperoleh di sayuran, buah-buahan dan sebagainya.

  • Vitamin dan mineral juga dibutuhkan si kecil walau tidak dalam jumlah besar, yaitu Vitamin A, C, D, E, K , kalsium, fosfor dan magnesium untuk pembentukan tulang. Zat besi dan tembaga untuk produksi darah, zinc untuk mendorong kekebalan tubuh, serta sodium dan potasium untuk mengatur keseimbangan air dalam tubuh.

  • Lengkapi kebutuhan probiotik si Kecil untuk kesehatan pencernaannya.



https://www.nutriclub.co.id/kategori/balita/nutrisi/tips-gizi-tepat-untuk-daya-tahan-tubuh-balita/