Tips mencegah biang keringat pada bayi

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 06 Dec 2017

Sahabat nutrisi,

Biang keringat merupakan gangguan kulit yang umumnya dialami bayi. Penyebabnya adalah kelenjar keringat bayi yang tersumbat di permukaan kulit, yang disebabkan masih belum sempurnanya fungsi kelenjar keringat pada bayi.

Biang keringat biasanya muncul di leher, ketiak, pangkal paha, dada bagian atas, kening, punggung, perut serta lipatan kulit bayi lainnya. Biasanya muncul karena cuaca yang panas dan lembab, atau ketika si kecil demam.

Si kecil yang terkena biang keringat akan merasa gatal dan tidak nyaman, kadang-kadang kulit terasa panas. Biasanya memang akan sembuh sendiri, akan tetapi jika gejalanya tidak dikurangi tentunya akan membuat si kecil rewel sepanjang hari, karena merasa tidak nyaman.

Cara mencegahnya sebenarnya tidak rumit, orang tua hanya perlu memilihkan pakaian yang lembut dan mudah menyerap keringat seperti bahan katun, tidak memberikan pakaian yang terlalu ketat, perhatikan sirkulasi udara ruangan, jika perlu gunakan pendingin udara, secara teratur memandikan bayi agar bersih dari kotoran penyumbat pori-pori kulit.

Sementara cara mengatasinya bisa dengan mengoleskan bedak dingin, lotion atau krim yang mengandung hidrokortison jika diperlukan. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. Memperbanyak asupan air putih dan mandi secara teratur untuk membantu menetralkan suhu tubuh dan membersihkan pori-pori juga merupakan hal yang harus dilakukan untuk mengatasi biang keringat.

Hindari penggunaan bedak, karena dapat menyumbat pori-pori kulit bayi, yang dapat memperparah biang keringat.