Kiat mengajak anak beraktivitas fisik

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 28 Mar 2017

Sahabat nutrisi,

Ternyata, anak yang aktif bergerak secara fisik mendapatkan banyak keuntungan, dibandingkan yang tidak. Aneka manfaat aktif secara fisik bagi anak-anak di antaranya adalah agar tidak mengalami obesitas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, membuat anak gembira, percaya diri, rasa ingin tahu yang tinggi, perkembangan otak yang maksimal, serta menguatkan otot serta tulang tubuh.

Dalam seminggu, setidaknya seorang anak yang berusia 5 - 18 tahun bergerak aktif selama 1 jam.

Berikut beberapa kiat untuk mengajak si kecil aktif melakukan kegiatan-kegiatan fisik:

  • Ajaklah si kecil agar aktif bergerak. Ciptakan berbagai kegiatan, seperti berbagai permainan, misalnya lompat tai, petak umpet, gobak sodor dam sebagainya. Kegiatan fisik bukan hanya olahraga.
  • Pilihlah kegiatan yang disukai anak. Anak suka bermain sepatu roda atau bersepeda, kenapa tidak?
  • Lakukan bersama-sama anggota keluarga lain atau bersama teman-teman. Hal ini juga dapat meningkatkan ketrampilan bersosialisasi anak.
  • Batasi waktunya menghadapi layar komputer atau gadget, dengan membuat jadwal menggunakan gadget. Hal ini tentu harus dikompromikan dengan anak yang lebih besar, karena kebutuhan mereka menyelesaikan tugas sekolah dewasa ini yang membutuhkan komputer.
  • Tetapkan jadwal beraktivitas rutin, misalnya hari Minggu pagi dengan hari bebas kendaraan.
  • Berikan contoh. Anak akan selalu meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Misalnya berjalan kaki untuk pergi ke pasar yang berjarak 1 kilometer dari rumah, dan tidak mengandalkan kendaraan bermotor.