Benarkah Si Kecil Butuh Suplemen Vitamin?

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 20 Jun 2019

Sahabat NUB,

Bunda tentu tahu bahwa Si Kecil membutuhkan gizi seimbang untuk menunjang tumbuh kembangnya. Umumnya gizi dicukupi dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Secara umum, anak-anak yang makan makanan sehat dan seimbang tidak perlu suplemen vitamin. Namun, bayi memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dari anak-anak dan mungkin memerlukan suplemen tertentu, seperti vitamin D untuk bayi yang mendapat ASI.

American Academy of Pediatrics dan United States Department of Agriculture Guidelines for Americans tidak merekomendasikan suplemen tambahan untuk menunjang makanan anak-anak di atas 1 tahun yang mengonsumsi makanan seimbang. Organisasi-organisasi ini menyarankan agar anak-anak makan berbagai buah, sayuran, biji-bijian, susu, dan protein untuk mendapatkan nutrisi yang memadai.

Umumnya anak-anak yang makan makanan seimbang yang mencakup semua kelompok makanan biasanya tidak membutuhkan suplemen vitamin atau mineral. Namun beberapa anak mungkin membutuhkan nutrisi tambahan.

Multivitamin atau suplemen mineral harian mungkin disarankan untuk kelompok anak pemilih makanan, anak yang tidak mengonsumsi makanan secara teratur dan seimbang yang terbuat dari makanan segar dan utuh.

Kelompok lain yang dipertimbangkan membutuhkan suplemen adalah anak dengan kondisi medis kronis seperti asma atau masalah pencernaan. Anak yang memiliki kondisi yang mempengaruhi penyerapan atau meningkatkan kebutuhan nutrisi, seperti penyakit celiac (seliaka), kanker, fibrosis kistik, atau penyakit radang usus (IBD) juga membutuhkan tambahan vitamin dan mineral sesuai saran dokter.

Anak-anak dengan penyakit celiac (seliaka) atau radang usus mungkin mengalami kesulitan menyerap beberapa vitamin dan mineral, terutama zat besi, seng, dan vitamin D. Ini karena penyakit-penyakit ini menyebabkan kerusakan pada area usus yang menyerap zat gizi mikro, karenanya dibutuhkan suplemen.

Di sisi lain, anak-anak dengan cystic fibrosis mengalami kesulitan menyerap lemak dan, oleh karena itu, mungkin tidak cukup menyerap vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Anak-anak dengan kanker dan penyakit lain yang menyebabkan peningkatan kebutuhan nutrisi mungkin memerlukan suplemen tertentu untuk mencegah malnutrisi terkait penyakit.

Cara Memastikan Si Kecil Mendapat Nutrisi yang Cukup

Untuk memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi yang cukup (sehingga tidak membutuhkan suplemen), pastikan mereka mengonsumsi beragam makanan bergizi. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan produk susu sebagai bagian pola makan akan memberikan asupan vitamin dan mineral yang cukup untuk Si Kecil.

Untuk membantu Si Kecil makan lebih banyak, usahakan Bunda terus-menerus memperkenalkan sayuran dan buah-buahan baru yang disiapkan dengan cara yang berbeda dan lezat. Diet sehat untuk anak-anak juga harus membatasi gula tambahan dan makanan olahan tinggi dan fokus pada buah-buahan utuh daripada jus buah.

Jika Bunda merasa Si Kecil tidak mendapatkan nutrisi yang tepat melalui makanan, suplemen dapat menjadi cara efektif untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan anak-anak. Konsultasikan dengan dokter anak jika Bunda khawatir tentang asupan gizi Si Kecil.

Referensi

https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-kids#dietary-tips

https://www.webmd.com/parenting/guide/vitamins-for-kids-do-healthy-kids-need-vitamins#1