Kapan saat Tepat Mengajari Si Kecil Membaca?

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 18 Mar 2020

Bunda, tahukah kalau Si Kecil sudah mulai tertarik belajar membaca sejak umur 2 tahun? Di usia ini pola pikir Si Kecil sudah sedikit terbentuk serta mulai memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Alasan ini juga yang membuat banyak negara menerapkan sistem Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di mana balita dapat belajar membaca secara lebih efektif dan optimal.

Dalam kurikulum pendidikan PAUD, balita akan belajar memecahkan bentuk huruf (decoding) sekaligus merangkainya menjadi satu kalimat utuh.

Nah, buat Bunda, NUB memiliki tips agar Si Kecil semakin tertarik belajar membaca:

1. Ajari dengan permainan

Bunda sebaiknya mulai mengajari Si Kecil membaca dengan permainan, seperti bermain dan bernyanyi alfabet, membaca buku cerita, dan permainan lainnya.

2. Hindari pemaksaan

Orangtua seringkali terlalu memaksa Si Kecil untuk bisa membaca, hingga akhirnya proses belajar membaca terasa menjadi beban dan tidak disukai Si Kecil.

3. Jadikan rutinitas

Kemampuan apapun akan dapat dikuasai jika telah terbiasa dilakukan. Nah, Si Kecil juga harus dibiasakan membaca dengan menyediakan waktu rutin untuk belajar membaca setiap hari.

4. Barengi dengan latihan menulis

Belajar membaca adalah proses belajar visual, di mana Si Kecil berusaha mengenali bentuk huruf alfabet yang ada. Untuk mempercepat proses belajar membaca, Bunda bisa menjalankan proses ini berbarengan dengan latihan menulis. Dengan begitu, dia akan lebih cepat menghafal huruf serta cara melafalkannya.

Butuh kesabaran melatih Si Kecil membaca ya Bun. Namun dengan kesabaran semoga buah yang dipetik kelak juga manis. Selamat mencoba.

Referensi

https://www.scholastic.com/parents/books-and-reading/raise-a-reader-blog/7-ways-to- teach-your-preschooler-to-read.html

https://www.waterford.org/education/how-to-teach-reading-skills-from-cradle-to- kindergarten/

https://parenting.orami.co.id/magazine/kapan-waktu-paling-tepat-untuk-mulai-belajar- membaca/