Manfaat Penting Mendongeng untuk Si Kecil

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 20 Mar 2020

Siapa di antara Bunda yang rutin mendongeng untuk Si Kecil? Mendongeng memiliki beragam manfaat lho Bun. Tidak saja meningkatkan kemampuan otak, namun juga dapat mempererat ikatan emosi (bonding) yang hangat dan menyenangkan.

Dengan berimajinasi bersama anak saat mendongeng, Bunda dapat membangun komunikasi dan kedekatan dengan Si Kecil. Selain itu, Bunda juga dapat memanfaatkan kegiatan mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai positif sehingga dapat membantu membentuk karakter anak di masa depan,.

Mendongeng juga menumbuhkan daya imajinasi Si Kecil. Anak dengan daya imajinasi tinggi dapat tumbuh menjadi sosok yang easy-going, ekspresif, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik, punya banyak ide, serta memiliki konsep diri yang lebih positif.

Nah, agar mendongeng jadi hal yang menyenangkan, sebaiknya Bunda tidak sekadar membacakan cerita saja, melainkan juga memberikan stimulasi berupa sentuhan lembut pada Si Kecil. Sentuhan ini dipercaya meningkatkan bonding antara Bunda dengan Si Kecil, selain membuatnya merasa lebih nyaman.

Selain buku cerita rakyat, banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dijadikan inspirasi cerita saat mendongeng. Jadi untuk bisa mendongeng tidak harus memiliki banyak buku cerita serta alat bantu dalam mengembangkan ide cerita. Yang penting Bunda memiliki kemauan dan daya imajinasi.

Dengan mendengarkan dongeng, Si Kecil memetik banyak manfaat. Dia bisa merasa lebih rileks. Selain mengembangkan imajinasi dan kreativitas, mendongeng juga dapat mengenalkan Si Kecil pada banyak hal. Dari tema dan latar belakang sebuah dongeng, Si Kecil dapat mempelajari budaya mereka sendiri, atau budaya orang lain, contohnya dengan mendongengkan cerita rakyat.

Melalui dongeng, Si Kecil juga dapat lebih mengenal dan menghargai berbagai macam kehidupan yang dialami oleh banyak orang di dunia ini melalui karakter-karakter dalam dongeng, sehingga Si Kecil dapat belajar untuk berempati.

Dengan nilai-nilai moral yang dapat diambil dari dongeng, Si Kecil juga dapat memahami bahwa kebaikan adalah nilai yang universal dan harus diterapkan oleh tiap orang.

Mendongeng juga bermanfaat bagi perkembangan bahasa Si Kecil. Melalui dongeng, dia dapat meningkatkan kemampuan mendengar, berbicara, serta dapat menambah kosakata mereka pula.

Nah, jadi jangan lupa untuk hargai reaksi Si Kecil ketika Bunda mendongeng, dan tanya pendapat mereka akan isi dongengnya ya Bun. Selamat menikmati kebersaman bersama Si Kecil melalui mendongeng.

Referensi

https://www.teachingenglish.org.uk/article/storytelling-benefits-tips

http://www.globalstorytellingday.org/