Hal Penting saat Memilih Sekolah untuk Si Kecil

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 02 Mar 2019

Sahabat NUB,

Orangtua yang memiliki anak usia sekolah biasanya dihadapkan pada pilihan sulit ketika memilihkan sekolah untuk si Kecil. Bukan rahasia lagi bahwa memilih sekolah yang tepat untuk anak memang terkadang membingungkan orangtua.

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan orangtua saat memilih sekolah yang akan menjadi bekal anak dalam meriah masa depan gemilang.

Dalam memilih sekolah, pikirkan apa yang paling cocok untuk kepribadian, kekuatan, kebutuhan, dan minat anak. Orangtua mungkin juga mempertimbangkan bagaimana budaya dan nilai sekolah, apakah sesuai dengan nilai keluarga dan kehidupan keluarga Anda.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sekolah Si Kecil:

1.Kumpulkan informasi tentang sekolah atau lakukan survey

Jangan malas untuk mengumpulkan informasi sekolah. Caranya bisa dengan menelpon, mengumpulkan bahan tertulis dari sekolah yang berbeda dan mencari laporan di media massa/internet atau website sekolah yang bersangkutan (jika ada).

2. Mengunjungi dan mengamati sekolah

Hubungi sekolah yang diminati dan buatlah janji untuk berkunjung. Jika memungkinkan, kelilingi sekolah selama jam sekolah reguler dan kunjungi beberapa kelas. Hindari mengunjungi sekolah selama minggu pertama atau terakhir suatu semester untuk mendapatkan pemahaman realistis tentang bagaimana sekolah beroperasi. Jika memungkinkan, ajak anak dalam aktivitas ini agar ia mendapat gambaran bagaimana proses belajar mengajar akan dilakukan di sekolah.

Cara yang baik untuk menjawab pertanyaan Anda adalah dengan membuat janji temu dengan kepala sekolah. Jika mungkin, menghadiri open house, pertemuan orangtua-guru, atau fungsi sekolah lainnya yang juga akan memberikan informasi berharga tentang sikap staf, siswa, dan orangtua.

Dengarkan dengan cermat apa yang dikatakan guru tentang sekolah. Para guru akan menjadi orang dewasa yang paling dekat dengan anak, dan orangtua tentu ingin tahu seberapa mereka siap dan berdedikasi dengan pekerjaan mereka sebagai pengajar.

3. Cek kelebihan dan kekurangan

Sadari bahwa tidak ada sekolah yang sempurna. Setiap sekolah pasti memiliki kelebihan-kekurangan. Oleh sebab itu, stimulasi atau pengembangan anak tetap harus diberikan di rumah. Perlu diingat, orangtua tidak bisa menyerahkan sepenuhnya proses pendidikan pada sekolah, karena pada dasarnya sekolah hanya memberi kontribusi sebesar 30% dan 70% sisanya adalah melalui interaksi di rumah.

4. Pertimbangkan jarak

Faktor utama dalam memilih sekolah untuk anak adalah jarak sekolah yang tidak terlalu jauh. Jarak tempuh yang terlalu jauh bisa membuat anak kecil kelelahan di jalan. Rasa lelah itu bisa membuat anak tidak mood dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah.

5. Berpihak pada perkembangan anak

Pilih sekolah yang berpihak kepada perkembangan anak, yaitu melalui pendekatan pembelajaran terpadu atau menyeluruh. Hal ini bisa dilihat dari metode dan kegiatan pembelajarannya, apakah dapat merangsang perkembangan anak secara optimal. Mencakup enam aspek perkembangan anak, yaitu moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni. Semua itu penting untuk perkembangan anak

6. Sesuaikan dengan kebutuhan anak

Mulailah mencari sekolah yang sesuai kebutuhan anak. Mungkin Si Kecil memiliki kebutuhan khusus untuk pendidikan. Ingatlah ini. Bagaimanapun, orangtua paling tahu kebutuhan anak lebih baik daripada orang lain. Tanyakan juga keinginan anak, jadi dia merasa dilibatkan dalam pemilihan sekolah yang akan menjadikannya lebih bersemangat.

7. Perhatikan kemampuan finansial

Siapa yang tidak mau menyekolahkan anak-anak di sebuah sekolah dengan fasilitas unggulan? Namun Bunda tetap harus memperhatikan kemampuan finansial. Memang betul, orangtua harus memberikan yang terbaik untuk anak, tetapi jangan sampai memaksakan diri untuk menyekolahkan anak di sekolah mahal sampai harus berutang di sana sini.

Pilihlah sekolah yang memang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Ingat, sekolah bukan hanya sekadar masalah gengsi semata tetapi terkait kenyamanan bagi anak dan orangtua.

Referensi

http://www.readingrockets.org/article/four-steps-selecting-school-your-child

https://raisingchildren.net.au/preschoolers/play-learning/preschool/choosing-a-school

https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=4807

https://www.educenter.id/5-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-memilih-sekolah-dasar-untuk-anak/