Kapan keinginan si kecil bisa dipenuhi

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 28 Sep 2018

Sahabat nutrisi,

Si kecil banyak mau? Itu hal biasa. Akan tetapi, apakah setiap keinginannya bisa dan harus dipenuhi? Bagaimana jika dia berani meminta pada anggota keluarga lain, seperti kakek, nenek atau paman dan bibi?

Tidak semua keinginan mereka harus dipenuhi. Mereka juga harus belajar memilah antara kebutuhan dan keinginan, terlebih keinginan yang bersifat konsumtif.

Berikut beberapa kiat untuk mengatasi si kecil yang banyak mau:

  • Sepakati dengan seluruh anggota keluarga lainnya, termasuk nenek dan kakek, definisi barang-barang kebutuhan dan keinginan. Misalnya keluhan mereka bahwa sepatunya sudah kekecilan tentunya harus ditanggapi, karena sepatu yang tidak sesuai ukuran dapat membahayakan keselamatan, di samping membuat mereka tidak nyaman. Akan tetapi keinginan mereka untuk membeli baju baru tentu bisa didiskusikan terlebih dahulu, apakah mereka benar-benar membutuhkannya atau hanya karena temannya mempunyai baju baru tersebut.

  • Hadiah ketika dia melakukan hal positif dapat diberikan berupa benda, akan tetapi sebaiknya tidak menjadi kebiasaan. Pujian atau pelukan bisa menjadi hadiah juga, lho

  • Bersikap tegas tetapi tenang ketika menasihati si kecil yang ngambek karena keinginannya tidak terpenuhi

Pernah dimuat di:

https://bebeclub.co.id/article/tips-advice/bijak-menuruti-kemauan-si-kecil/