Kegiatan Bermanfaat untuk Mengisi Liburan di Rumah Saja

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 12 Jun 2020

Pergi jalan-jalan saat liburan sekolah selalu menjadi hal yang ditunggu Si Kecil. Namun berbeda dengan tahun ini, di masa pandemi Covid-19 dan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah membuat aktivitas jalan-jalan atau berlibur harus ditunda. Tapi tak mengapa ya Bun, semua itu dilakukan demi kebaikan bersama.

Ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan di rumah saja. Banyak keseruan yang bisa dilakukan dengan melibatkan anggota keluarga meskipun tidak berlibur di tempat wisata, Bunda bisa mengajak Si Kecil belajar hal-hal baru yang akan berguna buatnya kelak. Tentu saja lakukan kegiatan ini dengan cara yang menyenangkan.

Belum ada ide? Berikut ini kami berikan panduan beberapa aktivitas bersama Si Kecil selama harus di rumah saja:

1.Ajak Si Kecil untuk beres-beres rumah

Kegiatan seperti merapikan sprei dan bantal, membersihkan kamar, menyiram bunga, atau sekadar merapikan mainan usai digunakan bisa jadi solusi serta mengajarkannya arti bertanggung jawab. Pengalaman ini akan dia bawa hingga Si Kecil dewasa.

2. Seru-seruan membuat kerajinan

Selama di rumah, ajak Si Kecil untuk melakukan hal-hal kreatif seperti membuat kerajinan tangan, yang berguna buat mengasah keterampilannya. Lakukan hal kreatif sesuai dengan kemampuannya. Ingat ya Bunda, sifatnya harus menyenangkan agar Si Kecil juga menikmati prosesnya dan tidak melakukannya karena terpaksa.

3. Latihan olahraga favoritnya

Melakukan kegiatan olahraga favoritnya, selain baik untuk mengajaknya aktif bergerak selama di rumah saja, juga bisa menjadi cara efektif untuk mengetahui potensi Si Kecil di luar pelajaran sekolah.

4. Membuat bento

Bentomerupakan istilah bahasaJepanguntukmakananbekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentō bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik. Ajak Si Kecil membuat bento dengan karakter yang disukainya. Bila Bunda masih asing dengan bento, bisa dipelajari tutorial menghias bento di YouTube.

Nah, mungkin Bunda punya ide lain yang tak kalah seru untuk mengisi liburan Si Kecil di masa pandemi seperti sekarang ini? Jangan sungkan untuk mengeksplorasi ya Bun.

Referensi

https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/helping-children-cope-with-stress-print.pdf?sfvrsn=f3a063ff_2