Kegiatan untuk Tingkatkan Bonding Dalam Keluarga

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 29 Jun 2020

Tahukah Bunda, bahwa setiap 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional? Awal mula dicetuskannya Hari Keluarga Nasional Indonesia ini bertujuan untuk mengingatkan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, saat masyarakat diminta untuk membatasi aktivitas di luar, bisa menjadi momen berharga untuk membina hubungan antar-anggota keluarga lebih erat lagi. Jika sebelum ini bonding keluarga relatif terbatas karena kesibukan bekerja atau bersekolah, maka sekaranglah saat yang tepat untuk meningkatkannya.

Ajakan kembali ke meja makan yang digaungkan dalam Hari Keluarga Nasional 2019 menyadarkan kita bahwa budaya makan bersama di meja makan perlu dijadikan kebiasaan rutin untuk membentuk karakter yang baik. Bunda tentu tahu bahwa keluarga merupakan wadah pertama dan utama dalam pendidikan karakter.

Melalui meja makan pula zat gizi sebuah keluarga dapat disediakan secara optimal dan lengkap sehingga kesehatan tiap anggota keluarga menjadi hal yang penting diperhatikan. Meja makan bisa menjadi ajang diskusi yang menyenangkan sekaligus berkualitas antar-anggota keluarga.

Nah, kalau makan bersama sudah menjadi rutinitas untuk meningkatkan bonding antara orangtua dan anak, kegiatan apa lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ikatan ini agar lebih erat? Kami ada ide beberapa kegiatan berikut ini, yang semoga bisa menjadi inspirasi Bunda membina bonding dengan anggota keluarga:

1. Merajut bersama

Ilmu pengetahuan mengatakan merajut membuat kita menjadi pribadi yang lebih hangat dan berbahagia. Pelajari dasar-dasar merajut bersama anggota keluarga yang lain. Buatlah tantangan bulanan, misalnya siapa menghasilkan karya rajutan terbaik akan mendapatkan hadiah.

2. Berkreasi dengan scrapbook

Scrap berarti barang sisa. Jadi scrapbook kurang lebih memiliki arti seni menempel foto atau gambar di media kertas, dan menghiasnya hingga menjadi karya kreatif. Bukan sekadar karya kreatof, scrapbook biasanya memiliki cerita - semacam ada jurnal di dalamnya. Buat Bunda yang gemar imemotret aktivitas Si Kecil, membuat scrapbook dari foto kenangan bisa sangat menyenangkan - bagi Si Kecil juga. Ajari dia melakukan kreasi scrapbook sesuai dengan kemampuannya.

3. Buat karya seni

Siapkan kertas, pena, pensil, krayon mewarnai, atau cat untuk menuangkan kreativitas bersama anggota keluarga. bagi tugas tiap anggta keluarga dalam menuangkan karya seninya. Mungkin ada jalan ceritanya? Ini akan menjadi karya menarik yang bisa dibingkai dan dipajang di ruang keluarga.

4. Membaca

Bunda pasti tahu pentingnya membaca untuk Si Kecil. Melalui membaca, mereka dapat memperluas kosa kata dan belajar lebih banyak tentang dunia. Tetapi apa yang harus dibaca? Si Kecil sangat visual, oleh karena itu berikan buku cerita yang menampilkan cerita dilengkapi gambar-gambar yang menakjubkan.

5. Memasak

Memasak merupakan keterampilan yang perlu dipelajari Si Kecil, laki-laki atau perempuan. Ajak ia berkreasi di dapur. Buatlah memasak menjadi pengalaman yang menyenangkan, namun juga sekaligus sebagai ajang menanamkan beberapa tips sehat ke dalam kehidupan keluarga. Misalnya, daripada jajan camilan bergula tinggi mengapa tidak membuat pizza yang menggunakan tepung gandum yang lebih sehat dengan topping asparagus, jamur dan aneka sayur lain yang kaya gizi?

Nah, silakan coba ya Bunda. Semoga ikatan keluarga kian erat dengan banyak melakukan kegiatan bersama.

Referensi

https://www.bkkbn.go.id/detailpost/melalui-gerakan-kembali-ke-meja-makan-bkkbn-mengajak-keluarga-berkumpul-dan-berkomunikasi-bersama

https://houston.cbslocal.com/2011/10/26/the-importance-of-family-bonding-time/

https://www.lifehack.org/790143/fun-family-activities