Manfaat Berkebun untuk Isi Waktu Libur Si Kecil

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 11 Dec 2019

Bingung bagaimana mengisi liburan bersama Si Kecil? Mengapa tidak mengajaknya main ‘kotor-kotoran’ misalnya dengan mengajaknya ke taman, kebun atau menanam pohon di dalam pot?

Main tanah tak selamanya buruk Bun. Justru sebaliknya, mengajak anak beraktivitas di luar ruang seperti berkebun dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Si Kecil lho. Setidaknya ada 5 manfaat yang bisa dipetik Si Kecil saat Bunda mengajaknya ‘bermain tanah’ atau berkebun, bahkan meski itu hanya dengan menggunakan pot lho, Bun :)

1. Mendorong Si Kecil mencintai alam

Mengenalkan lingkungan luar rumah sejak dini, misalnya dengan merawat tanaman, akan membuat anak belajar menghargai lingkungan dan akan muncul kesadaran untuk merawatnya sejak dini.

2. Belajar tentang ilmu pengetahuan

Menghabiskan waktu di luar rumah akan mengenalkan Si Kecil dengan banyak hal, mulai dari tanaman, serangga, cuaca dan hal-hal lain yang tidak dilihatnya di dalam rumah.

3. Membuat Si Kecil aktif

Berkebun membuat anak mengembangkan sejumlah keahlian. Ia akan membungkuk, menggali, dan melakukan segala macam gerakan lain yang dibutuhkan untuk menanam pohon. Ini sekaligus kesempatan berharga untuk mengenalkan konsep ‘kerja tim’ dengan melakukan proyek bersama. Menanam pohon bersama merupakan contoh yang baik bahwa dengan banyak orang yang terlibat maka pekerjaan menjadi lebih ringan, atau selesai lebih cepat.

4. Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Si Kecil

Terhubung dengan alam baik untuk kesehatan mental Si Kecil. Penelitian telah menunjukkan melakukan aktivitas di alam memiliki dampak positif pada pengurangan stres. Poin penting lainnya adalah berjemur di bawah sinar matahari merupakan cara yang baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, yang menunjang kesehatan tulang.

5. Menumbuhkan kreativitas

Menanam benih atau pohon di kebun dapat diubah menjadi permainan yang mengasah kreativitas Si Kecil. Berada di kebun dapat memberi anak-anak kesempatan untuk berpikir di luar lapangan. Berada di kebun juga melatih indera penciuman dan penglihatan Si Kecil. Mereka akan melihat ragam tanaman, bunga dan tekstur yang berbeda yang akan memicu kreativitasnya.

Agar Si Kecil lebih semangat, berikan ia tempat untuk berkebun sendiri (misalnya pot atau bagian kecil di kebun). Libatkan ia dalam mendesain kebun, berikan alat berkebun yang ringan, mudah digunakan, dan sesuai dengan ukuran tubuh Si Kecil. Ajak Si Kecil untuk menggali tanah dan menanam bunga/sayuran yang menarik seperti bunga matahari, jagung, labu, tomat, dan stroberi. Ajak ia menanam bunga yang dapat mengundang kupu-kupu, kepik dan serangga atau bahkan burung.

Untuk mendapatkan ide berkebun, Bunda dapat mengunjungi kebun atau pertanian terdekat. Nah, tak sabar mengajak Si Kecil melakukan aktivitas seru ini kan, Bun?

Referensi

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/gardening-for-children

https://www.environment.sa.gov.au/goodliving/posts/2017/07/gardening-with-kids