Jam Tidur Optimal untuk Si Kecil

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 07 Jun 2019

Sahabat NUB,

Bagi ibu yang baru memiliki bayi mungkin heran dan agak cemas mengapa Si Kecil lebih banyak tertidur dibanding terjaga. Tidak usah cemas Bunda, bayi memang memiliki jam tidur yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa –terutama bayi yang baru lahir. Si Kecil bisa saja tidur seharian dan hanya bangun selang beberapa menit untuk sekadar menyusu.

Mengapa Si Kecil lebih banyak tidur? Asal Bunda tahu, tidur pada Si Kecil memiliki manfaat penting yang diperlukan untuk perkembangan dan tumbuh kembangnya karena hormon perkembangan justru menjadi aktif ketika mereka sedang terlelap.

Lantas berapa lama jam tidur optimal untuk Si Kecil sesuai rentang usianya? Silakan simak dalam uraian berikut:

Usia 0 – 3 bulan

Bayi yang baru lahir umumnya membutuhkan waktu tidur total sekitar 14 – 17 jam dalam sehari. Namun tak semua bayi baru lahir memiliki pola tidur yang sama. Ada yang tidur 11-13 jam (tidak kurang dari 11 jam) dan 18-19 jam (tidak lebih dari 19 jam). Si Kecil bisa tidur hampir sepanjang hari dan terbangun selama beberapa jam hanya untuk menyusu.

Asalkan masih dalam rentang seperti yang dipaparkan di atas, Bunda tak perlu cemas. Pola tidur ini merupakan hal yang normal dan memang dibutuhkan bagi bayi yang baru lahir.

Usia 4-11 bulan

Di usia ini, jam tidur optimal untuk Si Kecil antara 12-15 jam dalam sehari. Namun ada juga yang tidur selama 10-11 jam atau bahkan 16-18 jam.

Usia 12-24 bulan

Saat mencapai usia satu tahun, waktu tidur optimal Si Kecil yang direkomendasikan adalah 11-14 jam. Namun ada juga yang tidur dalam sehari 9-10 jam (namun tidak kurang dari 9 jam) atau 15-16 jam (tidak lebih dari 16 jam).

Usia prasekolah (3-5 tahun)

Anak-anak di usia ini direkomendasikan memiliki jam tidur 10-13 jam. Namun sejumlah anak mungkin hanya tidur selama 8-9 jam atau bahkan 14 jam.

Usia sekolah (6-13 tahun)

Saat memasuki usia sekolah, durasi waktu tidur yang disarankan untuk anak adalah 9-11 jam. Bagi anak yang tidur 7-8 jam masih normal. Bahkan ada sejumlah anak yang jam tidurnya 12 jam. Anak-anak pada usia ini biasanya tidur antara jam 7 dan 9 malam dan bangun sekitar pukul 6 pagi dan 8 pagi.

Perlu diingat, kebiasaan tidur setiap bayi itu berbeda. Si Kecil bisa saja membutuhkan waktu tidur yang lebih atau kurang dari daftar di atas. Bisa juga durasi tidur siang dan tidur malamnya justru menjadi terbalik: Malamnya hanya tidur sebentar, sedangkan siangnya bisa terlelap hingga berjam-jam.

Pola tidur yang tidak sama pada setiap bayi ini dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain usia, waktu menyusu, kondisi tubuh bayi serta aktivitas harian orang-orang di sekitarnya. Bunda perlu memastikan jam tidur Si Kecil tercukupi. Jika ada masalah gangguan tidur pada Si Kecil, segera temui dokter untuk menemukan solusi yang tepat. Semoga berguna ya Bunda.

Referensi

https://www.webmd.com/parenting/guide/sleep-children#2

https://www.sleepfoundation.org/excessive-sleepiness/support/how-much-sleep-do-babies-and-kids-need