Jangan tinggalkan sarapan

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 27 Jun 2018

Sahabat nutrisi,

Dalam beberapa minggu, si kecil akan mulai bersekolah. Tentunya segala persiapan yang dibutuhkan sudah dimulai sejak sekarang. Seragam, sepatu, buku, tas, mungkin juga tempat bekal dan botol air minumnya.

Si kecil juga mulai menyesuaikan waktu tidur malam, agar tidak terlambat bangun keesokan harinya.

Terlambat bangun akan membuat segala rutinitas pagi hari menjadi kacau, termasuk sarapan. Padahal sarapan seharusnya tidak dilewatkan, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan konsentrasi selama belajar.

Apa saja manfaat sarapan untuk anak-anak sehingga kegiatan ini tidak boleh ditinggalkan?

  • Memenuhi kebutuhan nutrisi anak

  • Membantu anak berkonsentrasi selama menerima pelajaran

  • Memberi tenaga untuk kegiatan fisik dan berpikir

  • Serta menjaga dan meningkatkan kesehatan, sehingga membuat anak tidak sakit-sakitan yang akhirnya akan membuat mereka sering tidak masuk sekolah.

  • Menjaga berat badan yang sehat

  • Membantu menjaga suasana hati

Akan tetapi, sebaiknya sarapan tidak hanya sekedar kenyang saja, melainkan juga menyehatkan. Aturlah menu sarapan sebaik mungkin. Dilansir dari situs alodokter, sarapan sehat mengandung biji-bijian utuh misalnya sereal gandum utuh, protein dari berbagai sumber seperti selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, maupun keju atau susu, buah-buahan dan sayur-sayuran.


Sumber:Alodokter