Pertumbuhan Anak Usia 6 Tahun

Oleh tian lustiana 23 Dec 2014

fan2009468

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia 6 tahun. Marwah kini usianya sudah 6 tahun, tentu saja pertumbuhan dan perkembangannya sudah berkembang dengan pesat. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan fisiknya hingga perkembangan emosionalnya. Yang pastinya perkembangan dan pertumbuhannya tidak lagi sama dengan usianya ditahun - tahun lalu.

Untuk pertumbuhan dan perkembangan secara fisik, rata - rata anak usia 6 tahun itu memiliki tinggi badan 112.5 cm dan berat badan 21 kg. Hmm sementara Marwah usia 6 tahun itu 120cm dan berat badan 30kg. Wiiih kelebihan berat badan donk. Untuk nutrisi butuh 2400 kalori perhari. Alhamdulillah Marwah menyukai sayuran dan buah, jadi kebutuhan kalorinya terpenuhi, bahkan lebih. Hihi. Pola tidur yang seharusnya adalah sekitaran 8 - 9.5 jam setiap malam.

Perkembangan motorik. Untuk perkembangan motorik kasar biasanya anak 6 tahun senang bermain diluar, senang berenang. Kemampuan berlari dan melompatnya meningkat dari usia sebelumnya. Sementara motorik halusnya, anak mampu menulis tanpa merangkai huruf. Bisa menulis huruf apa saja meski tidak teratur. Pada usia ini anak rentan terhadap kecelakaan kecil, karena motorik kasarnya yang meningkat, sehingga orang tua harus ekstra menjaga anaknya.

Perkembangan kognitif, sudah bisa menyortir benda menurut ukuran, benetuk, berat dan kriteria lainnya. Bisa mempertimbangkan pilihan dan sudah bisa memecahkan masalah.

Perkembangan Moral, untuk perkembangan moral biasanya anak usia 10 - 13 tahun akan mengalami peningkatan keinginan untuk menyenangkan orang lain. Anak 6 tahun bisa mengamati beberapa perkembangan terhadap lingkungannya.

Untuk anak 6 tahun ini, harus lebih bersabar dalam memberikan pengertian terhadap mereka yang aktif.